Nonton Klenengan Santi Laras Part.1

Hujan rintik-rintik terus mengguyur kota Solo dan sekitarnya beberapa hari ini. Padahal Senin malam ini, tanggal 17 Desember 2012, aku dan temanku (sebut saja Susi) berencana ingin menyaksikan sebuah pertunjukan klenengan khas kota Solo. Acara ini akan dimulai pada pukul 19.30 malam nanti di Balai Soedjatmoko Sriwedari. Nampaknya, kami harus sedikit bersabar hingga nanti malam. Hujan tidak akan menghalangiku untuk tetap teguh melihat pertunjukan nanti malam.
***
Pukul 17.00, hujan masih belum reda, karena sudah aku niatkan aku tetap akan berangkat. Segera aku sms Susi untuk segera siap-siap berbenah. Seusai sholat maghrib, aku segera meluncur bersama si Bebek Biru dan mantol sahabatku lalu menunggu Susi di pertigaan jalan. Dia pun memakai mantol biru meskipun katanya mantolnya barang pinjaman. Di perjalanan kami nampak seperti monster dengan pakaian tebal melahab habis air hujan menindas ketidakyakinan dengan niat hanya ingin melihat klenengan.
Setibanya di Balai Soedjatmoko, ternyata acara belum dimulai, terlihat panitia masih mendirikan tenda-tenda putih untuk penonton dan belum ada orang yang datang kecuali panitia. Alhamdulillah, ternyata kami tidak terlambat. Selagi belum banyak orang datang, Aku dan Susi mengambil kesempatan untuk berfoto di depan MMT sebelum acara dimulai.
Image
Satu per satu teman-temanku yang lain pun datang. Aku ajak mereka untuk melihat ke dalam, `lebih tepatnya di hadapan para pengrawit nantinya. Yahh, meskipun masih jam 19.00 belum banyak yang datang, tetapi kami bisa melihat persiapan para panitia dalam menyiapkan seperangkat gamelan yang akan digunakan. Persiapan lain seperti sound system, tempat para sindhen, tata lighting, serta persiapan penunjang lainnya.
Image
Menit demi menit, akhirnya para pengrawit datang menempatkan diri sesuai posisi mereka masing-masing. Kami agak kaget ketika melihat para pengrawit itu adalah ibu-ibu yang sudah berumur atau sudah sepuh.

Image

Ada beberapa ibu-ibu sepuh yang duduk di dekat kami, kami tidak mau menyia-nyiakan untuk segera bertanya mengenai kelompok karawitan putri ini. Event klenengan selasa lagen ini diadakan dalam rangka hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2012 dengan menampilkan Karawitan Putri Santi Laras yang beranggotakan kaum ibu rumah tangga dari Kelurahan Joyosuran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s